Potensi Tersembunyi Karburator Honda CS1

Karburator Honda CS1 (dan juga Sonic 125) adalah tipe Keihin AVK28. Artinya mulut karbu ukuran 28 mm (besar). Sebuah karbu dengan mekanisme skep vakum. Namun agak berbeda dengan yang sejenis vakum lainnya, AVK28 punya saluran pernafasan skep vakum terpisah dari Venturi. Dia memanfaatkan selang snorkle dengan filter kecil untuk memasukkan udara dan membuat skep vakumnya terangkat.

Venturi karburator CS1 yakni tipe Keihin AVK28 memiliki ukuran 28 mm.

Perbedaannya

BISA dilihat pada gambar di awah ini karburator CS1 memiliki puting/pentil untuk pernafasan skep vakumnya supaya bisa terangkat dan turun.

Gambar 1. Saluran pernafasan skep vakum karburator Keihin AVK28. Credit: FB Arii Gujez

Puting pernafasan itu akan dipadukan dengan selang dan filter udara kecil yang berisi busa/spons. Bisa dilihat pada gambar berikut.

Gambar 2. Filter kecil/sekunder yang terintegrasi dengan Karbu Vakum CS1. Credit: Eko Y Saputro.

Filter kecil dari dekat. Credit: Khulud Anshori

Fungsi dari filter sekunder itu mengatur kecepatan naik turunnya skep. Dalam hal ini pabrik memberikan filter yang sedikit mampet agar skep gak buru-buru naik sehingga irit.

Bagaimana jika saya buka filternya? iya skep cepat naik, digas responsif tapi brebet di rpm tinggi. Karena suplai angin segar cepat dapet, tapi suplai BBM kurang terpenuhi. Jadi jika ingin buka filter sekunder kudu diimbangi dengan stel boros BBM.

Caranya dengan mengganti main jet (mj) dari ukuran 108 menjadi ukuran 110 atau 112. *Namun harus rajin dan mau berkorban, karena mj Keihin AVK langka, jikapun ada harganya mahal di pasaran.

Letak perbedaannya, saya ambilkan contoh Karburator CBR 150 yaitu Keihin VK28. Saluran skep vakum terintegrasi dengan mulut karbu atau venturi. Bisa dilihat dari gambar

Gambar 3. Karburator Keihin VK28 milik CBR 150. Credit: M Hadi Natanegara.

Kelebihan karbu vakum yang terintegrasi dengan venturi adalah lebih responsif saat digas. Bahkan bisa open filter (mayoritas kasus) tanpa mengalami brebet. Namun jika Karbu CS1 open filter jadi brebet parah, karena tidak lagi sinkron antara kevakuman di filter sekunder dan venturi.

Keistimewaannya

Karburator Keihin AVK 28 jika saluran filter skundernya ditiup maka skep vakum akan terangkat, walaupun tidak digas. Jadi bisa kita atur dia sangat agresif naik turun dengan setingan sangat boros. Bagaimana caranya? dengan membuat saluran buatan sendiri, diberi corong seperti terompet dan dihadapkan ke depan motor. maka saat ngebut skep akan tertiup angin dari depan.

Untuk mengimbangi setingan skep mudah terangkat, venturi karbu juga dibuatkan filter yang berbentuk corong menghadap ke depan motor, dan pj mj distel lebih boros. Teknik ini dikenal dengan nama RAM AIR (corong udara). Biasanya moge sudah pakai ini, di motogp apa lagi. Selalu, di moto GP ada mulut udara di fairing depan untuk menggelonggong udara masuk ke mesin.

Sebenarnya konsep ini belum diterapkan di Honda CS1. Artinya ini hanya konsep wacana, namun memang bisa diterapkan dengan kreatifitas yang tinggi. Kesulitan utama adalah mensinkronkan antara tekanan filter sekunder dan dan venturi karbu. Jika tidak singkron brebet. Dan tekanan RAM AIR tidak boleh terlalu kuat karena karbu yang tidak punya pompa bensin pastinya alirannya bisa tertiup balik. Bensin yang sudah ada di mangkok karbu bisa tertiup kembali ke tangki.

Jika kamu bikers CS1 yang tertantang, maka bisa jadi kamu adalah orang pertama yang sukses menerapkan RAM AIR di CS1.

Caranya, pun bisa mencontoh Moge CBR600 yang masih seri karbu. Berikut mekanisme setingannya

Gambar 4. Sistem RAM AIR pada CBR600 karburator, skep terangkat dengan membuatkan sistem RAM AIR sekunder. Sumber: cbrforum.com

Perlu diketahui sedikit tentang RAM AIR, bahwa sistem itu berusaha menangkap udara sebanyak-banyaknya dan memasukkan dalam pembakaran mesin. Selain ingin banyak, pabrikan juga ingin udara itu bertekanan sehingga menaikkan kompresi. Itulah mengapa corong dihadapkan ke depan motor, karena semakin ngebut, semakin kuat juga terpaan angin dari depan dan akan dimampatkan ke dalam RAM AIR.

Udara segar, banyak, padat bertekanan lalu dicampur suplai BBM sangat boros, lalu disulut busi. Shiuuttt…Duarrrr. Pasti ledakan dalam ruang pembakaran makin besar, menghasilkan torsi badak dan power kuda jingkrak.

TERTARIK untuk menerapkan? Do It Yourself (DIY), jika hasilnya memuaskan RYB ingatkan jangan nyengir-nyengir sendirian di jalan. Salam Satu Aspal

 

Author: admin

Sanguinis

4 thoughts on “Potensi Tersembunyi Karburator Honda CS1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *