Yamaha MX King Terasa “Kompresi Rendah”? Begini Solusinya

Masalah:

-Saat diminimuni pertamax MX King bau bensin atau fuel delution (fd)

-saat diminumi premium lancara jaya

Tulisan ini berdasarkan pertanyaam di grup Longdrain Interval Community. Sehingga saya mencoba untuk menjawab masalahnya dan menghadirkan solusi.

I. Kompresi “Relatif” Rendah Saat Low RPM

Jika anda mengalaminya, “Berarti anda tipe orang suka bawa motor pelan. mainnya hanya 3000-5000 rpm.
ya memang begitu apalagi doyan manasi motor di pagi hari dalam waktu lama. Sebenarnya motor injeksi gak perlu dipanasi karena dia memang sudah didesain cepat panas dan cepat bersirkulasi olinya”.

Pertamax di MX akan efektif jika selalu main di atas 5000 rpm. jika suka pelan mending pertalite saja. ngambil nilai tengahnya.

Rpm rendah biasanya dikenal istilah “pumping lose” (kehilangan pemompaan) artinya kalau masih pelan kompresi efektif belum terbentuk. Jadi secara riil di dalam mesin kompresi masih rendah saat rpm rendah.

Tambahan Faktor:

Itu karna injektornya dibikin boros saat rpm rendah. Karena biasanya mesin injeksi gampang mati mesinnya kalo rpm rendah dibikin irit.
sementara pengapian (time penyalaan busi) dibuat jinak. takutnya mx king dibeli orang daerah yang notabene di situ tidak ada stok pertamax. Hanya ada stok premium.

Akhirnya jadi aneh tabiatnya. Rpm rendah dia cocok premium. rpm tinggi dia knocking minta pertamax.

hayo gimana caranya memiliki bbm yang cocok di semua RPM?.

Ada sebenarnya. Di uar negeri ada BBM RON 89 tapi MON nya tinggi. saya pernah merasakan di jaman kelangkaan bbm tahun 2014. itu pertamina terpaksa impor bbm oktan 89. Di Rpm rendah enak, di RPM tinggi gak knocking, padahal dijual oleh pertamina sebagai premium.

II. Masalah Ini Juga Ada di Mesin Lain

Di mobil masalah “kompresi relatif masih rendah” ini diobati dengan teknologi

VVT, VVT-i, VTec, Vanos, FSI, variabel Geometri turbo (VNTurbo), Sequential turbo, dll.

di sepeda motor ada kips, RC valve, Exup (yamaha), Midship Exhaust (yamaha), VVA (yamaha), VTec (honda sepeda motor jadul). dll.

Oya di bajaj masalah ini dibunuh dengan teknologi 2 atau 3 busi yang 2 busi menyala bersamaan di rpm rendah. Sementara 1 busi menyala di rpm tinggi

III. Solusi

Kesimpulan Solusi (bisa pilih salah satu):
-Campur bbm Ron 88 dan Ron 92. *saya sarankan karena beda hasilnya. MON pertalite rendah.
-Pakai pertalite
-Seting ulang pengapian. naikkan derajat pengapian memakai open looper. dan buat busi menyala 2x di rpm rendah. kayaknya ada fitur itu di alat open looper.
-Pakai pertamax tapi sering ngebut. jangan panasi motor. Pakai oli mahal yang menempel walaupun semalaman motor didiamkan. Semoga bermafaat.

cmiw

*Artikel ini tidak dipasangi iklan. Namun jika ada yang berkenan menyumbang untuk pengembangan website, bisa transfer ke Bank Jatim No Rek 0136057031 an Rahmat Hidayat.

Author: admin

Sanguinis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *