Diesel Hybird

Suzuki mengeluarkan varian mobil Ertiga Diesel Hybird dengan nama teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki)

sistem-hybrid-shvs-suzuki

Apa itu SHVS? Ternyata sederhana, aki terintegrasi dengan dinamo yang berfungsi ganda sebagai generator dan starter. Saat engine brake dia mengubah putaran mesin jadi listrik disimpan ke baterai.

Sementara saat akselerasi awal secara otomatis berubah fungsi, yakin aki menyetrum starter agar membantu akselerasi.

jadi ada equilibrium antara pengisian dan penyetruman karena rentang engine brake dan akselerasi berada di kisaran rpm (putaran mesin) yang sama. Intinya seimbang antara charge dan discharge

Dikutip dari otodriver.com Ertiga diesel hybrid seharga Rp 219,5 jutaan ini menggunakan mesin berkode D13A dengan kapasitas 1.300 cc. Suzuki menyebut unit tersebut sanggup menyalurkan tenaga hingga 89 daya kuda/4.000 rpm dan momen puntir sebesar 200 Nm/1.750 rpm. Suzuki mengklaim kalau kehematan BBM mobil ini mencapai 22,6 km/l dari hasil pengujian BPPT.

Sejauh yang RYB tahu, ini lebih dahulu ada di mobil eropa. Namun konsepnya lahir dari ajang Formula 1. Namun demikian di Formula 1 perangkat pembantu akselerasi ini disematkan di mesin bensin high revving. Karena mesin yang disetting sangat high rev memang biasanya lemot dalam berakselerasi. Sementara, ini disematkan ke mesin diesel kapasitas kecil untuk tujuan irit bbm.

Author: admin

Sanguinis

2 thoughts on “Diesel Hybird

  1. mantaaap 😀 btw ngomong ngomong soal f1. ini jet darat akselerasinya berapa sih om sebenernya? saya sering lihat… kalo starting kaya lambat gitu. atau efek kamera aja?

    1. Formula 1 memang akselerasinya lambat. makanya dibantu motor listrik yang regulasi terbaru.
      lalu kalo start awal itu memang sengaja lambat. kalo digas langsung ngetril bro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *